Monday, July 9, 2012

Kista : Investasi seumur hidup (Part 1)

Wakakaka *ngakak dulu ah* mentang2 ya gw sekarang kerja di bagian investment banking, ini penyakit jadi gw hubung2in jadi jenis investasi juga. miris.

Tapi sebenernya kalo dipikir2 ini beneran loh investasi seumur hidup. gimana nggak, selama gw masih berovulasi (punya masa subur)belom menepose, si kista jelek ini akan terus potensial buat mejeng di area organ2 reproduksi gw. capeekk deh.

Kalo diliat dari jenisnya kista ini macem2 ragamnya. mungkin silakan digoogling aja sendiri yaw. hihi.. berhubung gw juga bukan bagian dari tim medis, jadi ya pengetahuan gw tentang si kista jelek ini masih seadanya aja. Saking seringnya gw ngegoogling tentang hal-hal yg berhubungan sama kesehatan reproduksi ini, manager gw di kantor sampe bilang "gila lo sin, sampe apal istilah2nya sama alur2nya, lama2 lo jadi ahli kandungan ini sih sin" wakakakaka..

Yaaa tapi semua yg gw omongin di postingan ini ga bisa dijadiin patokan loh yaaa.. semua kan cuma bedasarkan pengalaman gw aja. lagipula emang bukan kapasitas gw ngebahas dari sisi medis yg sebenarnya.

Okay deh gw mulai aja yaw ceritanya..

Jadi selama gw mens pertama kali kelas 3 SMP ato 1 SMA sampe jaman udah kerja kantoran bgini gw belom pernah ngerasain yg namanya nyrei haid. Semuanya lancar2 aja dari bulan-ke bulan, tahun-ke tahun. Everything used to be Okay, very Okay.

Barulah di Februari 2011 gw ngerasa nyeri2 meringis di perut. Rasanya kencengggg kerasss dan KRAM. kebetulan waktu itu hari minggu, gw juga lagi ga ada jadwal pacaran keluar rumah. jadi gw cuma meringis aja di rumah yg mana sebenernya pas kontraksi berlangsung gw lagi di depan laptop lagi ngaskus hihihi.. sekalian aja tuh gw cari di google "nyeri haid" sama "nyeri mens" naahhhhhh keluar deh artikel Dismenorea primes sama sekunder.

Disitu dijelasin kalo Dismenorea primer dirasakan nyerinya dari awal mula mens pas ABG gitu. Dan itu normal katanya. Nah kalo yg Dismenorea sekunder, nyerinya tiba2 ada, padahal dulunya ga ada rasa apa2, ini yg katanya indikasi penyakit serius. eeenggg iinnggg eeenngggg.. sempet tarik napas panjang. ga nerima kenyataan. tapi gw ini manusia yg diciptakan dengan tingkat penasaran tinggi. jadilah gw hari seninya cek sendiri ke dokter kandungan. S e n d i r i a n. Nyokap gw ga gw kasi tau dulu. soalnya takut terguncyang trus kalo jadi kepikiran bisa2 gw yg repot kalo hipertensinya jadi kambuh. wakakaka..

Gw dulu sebelom nikah kalo pulang pergi kantor naik kereta KRL. Nah turun dari kereta, datenglah gw ke R.S terdekat dari stasiunnya. Pas disana daftar awal ditanya suster bagian pendaftaran
Suster : "mau ke dokter apa bu?"
gw : "ummmm.. dokter kandungan sus?"
Suster : "ibu hamil?"
gw : "hah? nggak kok" lanjut gw sotoy "saya sakit Dismenorea sus" wakakaka pede amat yak..

padahal belom diperiksa tapi gw sotoy aja jawab bgtu nah daripada gw dikira hamil diluar nikah. hahaha..

Diruang tunggunya gw galau banget *halah* ngeliat pemandangan pasutri sibuk mesra2an nunggu cek kehamilan. pada ayank2an depan gw yg lagi sendirian. huhuhu.. jahat!

Pas gw masuk dokternya ibu2 udah tua gitu. Pas diliat eh beneran ada kistanya. huhu.. tapi dia ga jelas itu isinya apa. cairan kah, ato daging kah..

Perasaan gw..

Terguncyangggg.. kyaaaa.. kayanya ada yg salah deh.. dokternya salah liat kali tuh.. gw harus cari second opinion. huhu.. kira2 bgtu deh pertama tau. malemnya gw tidur sambil nangis sampe ketiduran sendiri. what's wrong with my body???


Berhubung gw udah nyebutin kalo gw ini jenis manusia penasaran tingkat tinggi, jadilah gw malem itu interogasi bu dokternya. hihihi..

gw: dok, mamah saya dulu pernah kista & myoma. apa ini genetik dari dy yah dok?

bu dokter : ya nggak juga. kalo saya lebih menyebutnya lebih ke contoh pola hidup. berati mamah kamu tidak bisa mengelola emosi dan stress dengan baik & benar. Dan kamu mencontohnya!!

gw: hahh?? maksudnya dok?

bu dokter : iyah. saya liat kamu orangnya cepet stress. liat tuh muka kamu, stress! kalo kamu ga merubah pola hidup kamu, nanti saya rujuk ke psikiater ya!

gw: yahhh dok, saya ga stress kok. emang pengaruhnya apaan sih stress sama kista?

bu dokter : ya kalo kamunya stress, sistem hormon kamu yg harusnya seimbang jadi ngaco cara kerjanya, jadi nyasar2, terus antar partikel hormon ada yg bersinggungan terus bikin gumpalan, malah jadi kantung kista lama2 membesar karena kamu menghirup polusi udara tiap hari.

gw : ...........?? *masa sih*

Hasil USG di dokter yg pertama


Okay lah jadi kalo keterangan dari dokter pertama katanya karena stress dan polusi udara. Dan pas gw tanya pantangan makanan, jawabannya, GA ADA.


Waktu di dokter ini katanya kista gw sebelah kiri besarnya 2 cm. jenisnya masih belom dipastikan soalnya pake USG perut aja jadi 2 dimensi doank.


Gw dikasih obat hormonal sama dokter ini. harapannya setelah 3 kali siklus, mens gw bisa terjadi tanpa gangguan nyeri. jadi sembuh krn hormonnya membaik. gitu deh kira2 observasi pertama gw. tapi ya dalam terapi 3 siklus itu kadang kerasa sakit ya kadang nggak juga. kadang biasa aja.


Gw sih ga langsung menyimpulkan sembuh ya setelah 3 kali siklus itu (3 bulan). gw inisiatif nyari second opinion dokter rekomendasinya temen2 kantor gw. dokternya bapak2 udah tua gitu. udah prof. deh kalo ga salah.


gw pergilah di hari sabtu pagi soalnya antriannya buanyaaakkk.. daftar jam 8 pagi tapi diperiksanya jam 1 siang. wakakakaka.. gokhil. dan gw tetep pergi s e n d i r i a n. Perginya pun gw naik kereta KRL Bekasi turun di Cikini.


Di dokter yg kedua katanya kista gw ada di ovarium kanan & kiri trus masing2 sekitar 2 cm. tapi dokternya juga belom bisa merasa yakin jadi si dokter merujuk gw buat USG 4 Dimensi & tes lab cek darah CA 125 buat ngeliat ada indikasi kanker ato nggak. Nahhh loohhh.. nambah bengong2 deh gw pulang dari periksa. wakakaka..

Hasil USG dokter yg kedua, katanya ada di kiri & kanan


Hasil Lab nya alhamdulillah gw fine2 ajah. ga ada inidikasi kanker. Nah kalo USG 4 Dimensi karena si Dokternya itu konon jagonya buat analisis USG makaaaaa gw harus antri selama kurleb sebulanan! ya gw ulang, sebulan. huhuhu..


Setelah sebulan gw nunggu antrian si dokter akhirnya dapetlah tanggalnya. kalo ga salah itu seminggu sebelum mens gw dibulan itu. Pas dikasi tau gw dapet antrian di jam 8 malem. gw masih kalem. pas ternyataaaa dateng dokternya telat 2 jam karena ada seminar & baru dateng jam 10 malem! terus karena gw antrian nomor 10, jadilah gw baru diperiksa jam 2 pagi! wakakakakkaka.. ada yg pernah ga ke dokter klinik jam 2 pagi kaya gw?? hihihi.. gw kekeuh nunggu soalnya antrinya sebulan bo'. Untung waktu itu gw dianter laki gw (dulu masih pacar) besokannya laki gw ga masuk kantor soalnya bangun kesiangan. jadi cuti gara2 gw. huhuhu.. kalo gw sih tetep ngantor.


Pas diperiksa si dokter bilang, kista gw disebelah kiri ajah. besarnya 5 mm /ato 0.5 cm. kata dia sih nothing to worried. dan jalur di rahim gw ga ada perlengketan. bentuk kandungan gw normal (ga bentuk retro alias ketekuk). Waktu itu dia nanya keputusan gw apa? mau hamil secara natural dulu (dicoba setaun abis nikah) ato mau operasi dll. Ya gw sih sebisa mungkin menghindari yg namanya badan dibelek2. huhu.. jadi berhubung itu bulan Januari terus gw nikah Maret, ya gw nyoba hamil secara natural aja deh. Kata dokternya, "Oke deh rajin observasi aja lagi nanti ya kamu!" lanjut dokternya "sukses ya & cepat hamil nanti lahirannya di cesar aja biar langsung dibersihin sekalian"


Waktu itu gw legaaaaaa.. gw kayanya normal2 aja deh. hiihiihi.. pas ditanya ke dokternya soal menu makan pantangan juga GA ADA katanya. Soalnya dia bilang belum ada 1 penelitian medis yang menyatakan penyebab pasti kista, myoma, dll. jadi semua penyebab masih berupa kemungkinan2 gitu. Jadi gw santaiiiii.. mao makan apa? HAJAARR.. wakakakaka...

Hasil observasi dokter yg ketiga :)


Nah waktu dari dokter yang ketiga ini diagnosanya : Suspect Kista Dermoid DD/ *Different Diagnose* Kista Endometriosis, Corpus Luteum.


Okay gw jelasin dulu 3 jenis itu yah *sepengetahuan gw aja nih tentunya*


Suspect Kista Dermoid :
Maksudnya gw dicurigai jenisnya kista dermoid. Yaitu Kista yg terbentuk saat gw masih di dalam kandungan nyokap gw. Jadi pas gw lagi dibentuk bagian rambut, gigi, kuku, tulang dll ada partikel2 dari organ2 tersebut yg terpental mengumpul di suatu sudut di tubuh gw. "tidur" untuk beberapa waktu & akan "bangkit" kalo gaya hidup gw ngaco. HOHOHOHO.. That's Why we always say: No Body's Perfect! Yup! gw yg lahir dengan mata utuh, telinga, kaki, tangan lengkap ternyata ada yg ga "sempurna" juga pada akhirnya. Makanya ya manusia itu GA BOLEH sama sekali sombong soal fisik yg dia punya. Sok Cantik, Sok Ganteng, Sok apa aja deh.. hehehe.. Mana lo tau didalem tubuh lo ada banyak partikel2 sel yg ga "sempurna" waktu lo lagi diciptakan di rahim ibu lo. Absolutely we have no idea!


Terus Kista Endometriosis :
Adalah kista yg hinggap *lalat kali* di sekitar area reproduksi karena adanya muncratan darah mens yg mengendap. eh jadi gmna yah. kan tiap siklus di masa subur dinding rahim (endometrium) itu menebal. siap2 buat kalo ada telur yg matang habis dibuahi sama sperma nantinya nempel di dinding itu dengan nyaman buat proses selanjutnya jadi janin. Nah kalo ga ada si telur matang yg nempel kan berati keluarlah mens turun kebawah melalui V*gin* kan. Pas si dinding itu digerus jadi darah mens ngalir ke bawah. Kalo pas ngalir itu ada yg muncrat ke indung telur (ovarium) *kaya gw*, terus muncratannya mengendap beberapa lama karena ga ada saluran pembuangannya jadilah si kista endometriosis ini. jadi kantung kistanya isinya darah coklat (endapan) makanya kadang2 sebutannya kista coklat. Soal si muncratan tadi, kalo di artikel google sih katanya bisa ke bagian mana aja di tubuh kita yg bisa bawa muncratannya ini. hhuuufffttt..


Nah kalo Corpus Luteum :
ini biasanya ada di trismester pertama masa kehamilan. Nah loohhh.. haha.. tapi kan gw lagi kaga hamil waktu itu. huhu.. jadi mungkin aja organ reproduksi gw udah seharusnya dipake secara optimal (hamil) di taun 2011 *umur 25* tapi karena gw blom nikah terus gw stress ato apa deh trus ada kekacauan hormonal. maka timbul deh si kista korpus luteum ini. Yang mana dalam 3 kali siklus minum obat hormonal harusnya bisa lenyap dengan sendirinya. Tapi ternyata nggak tuh gw.. huhu..


Dari observasi paling akhir di Juni 2012, dokter USG 4 dimensinya menyatakan, ga cocok bentuknya kalo dibilang dermoid. karena kalo dermoid bentuknya apa gitu dia bilang gw lupa & ga ngerti juga pas dia jelasin. wakakaka.. Korpus luteum juga bukan karena udah 3 kali mens tapi ga ilang dengan sendirinya. Akhirnya dia menyatakan kista gw ya endometriosis ato kista coklat yg isinya cairan darah yg nyasar itu. huhuhu..

Ini indung telur yg sebelah kanan, ada telur besarnya yg subur & gede soalnya gw lagi di masa subur USG nya, tapi kecebong laki gw ga ada nyangkut, ga jadi dedek deh. huhuhu..


Ini observasi kistanya yg paling akhir (juni 2012) kistanya membesar dari 5 mm jadi 35 mm. huuufffttt..

Hyaaaahhh.. ini postingan panjang bangettt yaaaa.. haiisshh.. yaudah deh to be continued aja yah.. hihi.. xoxo


Note for disclaimer :
Jenis2 kista itu beragam, yg semua gw tulis disini dominan kaitannya dengan kasus kista endometriosis / kista coklat. terutama yg ada di badan gw aja. di kasus kista lain mungkin bisa diobservasi lagi dengan cara yg berbeda & penanggulangan yg berbeda juga yaaa.. Jadi.. menurut gw periksa ke dokter itu tetep penting, tapi kalo mau berusaha sembuh dengan cara dikombinasi dengan herbal ya terserah aja. xoxo..

Feel free ya kalo mau menghubungi gw..
Email : jeungthia@gmail.com
Line : sinthialigadani
YM : ligadani (tapi sering off)




No comments:

wibiya widget

Pages

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails