Wednesday, July 18, 2012

Kista : Investasi Seumur Hidup (Part 2)

Okay nyambung lagi dari yg Part 1 nya yah.. hihi..

Di pemeriksaan terakhir dokternya bilang perkembangan besaran volume kista gw lumayan cepet. Dari januari volumenya 5 mm terus tiba2 di juni volumenya jadi 35 mm. Jadi sebenernya pas di bulan April kemaren gw sempet balik USG sama dokter X, dokternya baik banget, terus waktu V gw di masukin spekulum *iya ga sih namanya* nama lainnya cocor bebek *aneh* buat diliat kondisi serviksnya, waktu itu sih dokternya pelan2 ga sakit. padahal kalo dari cerita kakak ipar gw biasanya sakit ngilu gitu dikit. hehe.. dan hasil peneropongannya pake alat itu, serviks gw normal2 aja.

Tapiiii karena gw ngebettt banget pengen hamil akhirnya si dokter X ini ngasih lah resep obat namanya profertil yg gunanya buat ngebesarin ukuran telur2 yang ada di indung telur pas masa subur. Diminum di hari mens yg ke 5 sampe 10. jadi harapannya nanti pas ada kecebong sperma bisa cepet ketangkep di telur yg besar itu terus jadi bakal janin si dedek deh. Sebelum gw minum profertil itu sebenernya sih gw udah sempet googling tentang efek samping. profertil ini di web brosur produknya. Katanya dalam pemakaian dalam jangka waktu lebih dari 3 kali siklus bisa mengakibatkan kista.

Nah gw yg emang udah punya kista, minum itu kayanya malah tambah subur deh kista gw. wakakaka.. bisa jadi sih itu jadi salah 1 penyebab kista gw membesar di juni. who knows deh..

Nah terakhir periksa di Juni, dokternya malah menyarankan gw supaya operasi pembedahan ato nggak ya laparoskopi aja menurut dia. soalnya ngeliat gw nya yg ngebet pengen hamil sampe minum profertil segala. jadi menurut si dokter itu mending gw bersihin aja dulu kistanya terus udah tenang2 baru deh program kehamilan. Menurut dia lumayan abis operasi (diangkat kistanya) bisa ambil jeda waktu buat hamil sebelum kistanya yg baru muncul lagi!

gw : haaahhh?? baru apaan?? *tepok jidat* haddaaahhh..

Wheewwww.. Jadi kalo kata si dokter kista tuh habis dioperasi bisa ada lagi sekitar 3 taun ato 5 taun mendatang. tapi ga semua pasien sih begitu. tapi asumsinya ya begitu sepengalaman dokternya. Akhirnya gw meng-googling lagi deh besokannya tentang "kista tumbuh kembali setelah operasi". Yup. ternyata mau ada mau enggak, si jelek ini perkembangannya tergantung dari POLA HIDUP & POLA MAKAN sehari2 kita lho. Dan si kista jelek ini akan terus ada selagi kita masih memiliki organ2 penunjang reproduksi, memiliki masa subur & berovulasi terus setiap bulannya (siklus mens). jadi sebelum masuk di masa menepose (ga ovulasi & ga mens) ya kemungkinan timbulnya masih bisa jadi ada.


Alternatif penyembuhan dan pencegahan..

Maka itu banyak literatur ato artikel yg bilang kalo kita hamil maka si kista akan mengecil dengan sendirinya. Yaiyalah itu kan berarti kita selama 9 bulan GA berovulasi sama sekali kan nggak mens. Bisa jadi kistanya ngambek & terhambat perkembangannya. Ada juga loh di forum2 gitu yg ngebahas salah satu terapinya pake suntik tapros. Jadi abis disuntik itu ga ovulasi ato ga mens dulu. Terus ada juga yg terapi pake minum obat KB jadi harapannya setelah dibuat ga ovulasi (ga punya masa subur sementara) terus kista jelek bakal mengecil dengan sendirinya. Masuk akal juga sih. Yg penting kan menghambat pertumbuhan si kista jelek ini kan.

Yang paling menarik buat gw adalah metode pola makan seimbang.jadi maksudnya adalah dengan cara tidak membiarkan si kista jelek mendapat asupan "gizi" selama mejeng di tubuh maka dia akan sedikit demi sedikit akan mengalami "kehancuran" dan "hilang" dari peradaban. Eh ga hilang denk tapi mungkin "tidur" sampe jangka waktu tertentu. Hoho.. Tapi yah sampe ending terakhir gw ke dokter tuh semuanya bilang GA ADA pantangan sama sekali. Karena menurut mereka belum ada penelitian yg membuktikan secara empiris kalo kista sama makanan ada pengaruhnya. Se-googlingya gw yg sering bikin artikel tentang pola makan buat pasien kista ya emang herbalis gitu sih rata2.

Seteleh gw gooling lebih dalam *haha lebay* Gw dapet inspirasi metode pola makan ini dari beberapa blogger, forum, artikel penyembuhan herbal, nasehat temen2, nasehat abang gw,majalah kesehatan dll deh. Kalo blogger yg dominan blognya acen147, lengkap loh dstu. Hehe.. Terinspirasi deh gw! Tapi bedanya Acen147 rajin banget fitnes nah kalo gw boro2 olahraga. Wakakaka.. Tapi dokternya si blogger acen147 ini lho yg malah menyarankan buat pola makan seimbang. Dokter yg langka, disaat semua dokter gw bilang GA ADA pantangan makanan. Jadi pengen juga deh ke dokter itu, tapi jauh bo' di Tangerang, dan rumah gw; bekasi ya!

Jadi tuh kesimpulannya kita harus "menghindari" dari makanan2 yg "merangsang" kerja hormon menjadi lebih "agresif" terutama hormon kewanitaan yah. Kalo kita disiplin ngejaga pola makan kita maka kemungkinan besar kistanya "tidur" dulu dan ga "gangguin" kita lagi. Asiiikkkk.. Tapi jaga pola makannya seumur hidup loh yaaa.. Wakakaka.. At least sampe kita menepose (ga subur lagi). Nah berarti nantinya gw baru boleh makan yg enak2 lagi kalo udah nenek2 donk?! Wakakaka.. well.. Entahlah.. Tapi kira2 bgtu sih hasil googling gw selama ini. hihi.. boleh percaya boleh nggak. Ga pake penelitian apa2 sih gw, jadi cuma dari pengalaman2 orang aja yg gw baca.

Kalo tentang obat alternatif ato herbal, ini memang lagi gw coba juga. Kan ceritanya pas dari dokter yg terakhir itu laki gw agak ga setuju kalo buru2 dioperasi. Perut dibelek2 kan bukan perkara gampang. Lagi pula kistanya juga bisa ada lagi entah di taun ke berapa setelahnya. Who knows.. Singkat cerita, setelah gw googling di forum2 gitu banyak juga yg sembuh tanpa operasi. Dalam artian mengecil dulu sedikit demi sedikit terus ilang. tapi ya emang pake proses, waktu, kesabaran & telaten. Namanya juga obat herbal prosesnya ga bisa instan kan. hehehe.. apalagi obat2an herbal itu bentuk & rasanya aneh2 gitu. Jadi musti extra sabar pas nenggak ke leher. wakakakaka..

Ada tuh ceritanya pasien yg sembuh minum air rebusan sarang semut papua. Tapi itu juga dikombinasi sama pola makan seimbang *maksud gw puasa makan yg enak2 dulu* . Terus juga ada yg nyoba minum minyak buah merah papua. ada yg nyoba kunyit putih. ada yg nyoba minum habatussauda. ada yg nyoba minum air rebusan daun mahkota dewa. ada yg nyoba lendir/jelly teripang. ada yg nyoba ganggang laut spirulina. masih banyak lagi deh. tapi semua memang GA LUPA dikombinasi dengan pola makan seimbang itu. Huhuhuhu *teteup*

Menurut gw si obat2an herbal itu rata2 memang mengandung antioksidan tinggi, terus juga rata2 mengandung senyawa enzyme yg berfungsi sebagai anti sel abnormal. Yaaa kira2 bgtu deh.. Terussss juga balik lagi si pola makan seimbang tadi itu. Jadi tanpa "asupan" yg cukup buat si kista jelek, ditambah "gempuran" dari senyawa enzyme anti sel abnormal dari obat2an herbal, ternyata bisa membuat si kista jelek menyerah juga pada akhirnya. hohohoho.. HORE..

Kira2 bgtu deh rumus yg gw buat sementara ini. *gaya*

senyawa enzyme anti sel abnormal + pola makan seimbang = kista jelek nyerah juga akhirnya

keren kan rumus buatan gw. hihi..


Nah sementara ini mulai 26 Juni gw mengkonsumsi sari kulit manggis, lendir (jelly) teripang & ganggang spirulina. Itupun atas anjuran *eerrr tepatnya diomelin dulu* sama suami gw. Biar ga diomelin apalagi disuruh operasi yaudah gw akhirnya nurut aja minum itu. wakakakaka.. Tapi mudah2an aja berkah deh & jadi obat yg baik bahkan terbaik di tubuh gw. Amiiinnn..

Soal Pola makan seimbang, sempet bikin gw frustasi awalnya. wakakaka.. bayangin aja, gw cuma mengasup protein dari ikan, nasi, sayur bening, buah2an "adem" yg ga terlalu manis. Yang gw terapkan ini sih sebenernya gabungan dari beberapa pengalaman orang loh yaaaa.. Jadi mungkin di dokter A ato herbalis B ga ngelarang tapi di herbalis C ato di sumber artikel lain bilang ga boleh. Jadi gw sih akhirnya memilih menghindari aja dulu semua kombinasi pantangan itu. Jadi kombinasi pantangannya buat diri gw adalah :

1. Ayam boiler/ayam negeri/ayam suntik hormon (ayam kampung gapapa)
2. Telor *kalo gw semua jenis telor*
3. Semua yg digoreng2, terutama cemilan gorengan. *yg ini susah*
4. Semua produk Kedelai (Tahu, Tempe, Oncom, Tauco, Kecap!) *ini juga susah*
5. Semua seafood (kecuali ikan aja) *gw penggila seafood, hiks.*
6. Semua yg rasanya terlalu manis, termasuk buah duren, kelengkeng, rambutan, mangga
7. Semua yg pake pewarna berlebihan *kyaaaa rainbow cake!!!*
8. Semua yg bervetsin/penyedap rasa *paling susah*
9. Masakan ber-santen *berati rendang, opor lebaran, hikss*
10. Kacang2an *berati gado2 bumbu kacang kga boleh ya?*
11. Produk Olahan susu (Keju, yogurt, dll) *yg ini gw menangis, kejuuuu!!!*
12. Semua daging olahan (sosis, burger, smoked beef)
13. Daging sapi peternakan *ini karena gw susah nyari sapi kampung*
14. Susu dianjurkan susu diet tinggi kalsium aja (susu sapi ga dianjurkan)
15. Masakan yg dibakar/panggang, apalagi yg gosong item2
16. Semua jenis fastfood, kaga pandang bulu *pastaaaa.. hiks*
17. Semua jenis mie, apalagi mie instan *padahal gw monster indomie rebus*
18. Semua makanan yg diawetkan/kalengan (sarden, kornet, dll)
19. Saos sambel juga kayanya soalnya diawetkan *ini asumsi gw aja*
20. Ada juga yg ga bolehin jagung, kentang, kangkung *tapi ga gw jalanin*

Reaksi gw pertama kali, BUSEETTTT.. terus gw makan apaan donk inih?? hauhauhau.. Jadi deh tiap hari dari tanggal 26 juni kemaren sampe hari ini *kurleb 22 hari* gw cuma makan menu 'rumah sakit' aja. Karbohidrat dari nasi, Protein dari ikan tawar/ikan laut/ayam kampung, serat sayuran dari bayem, sawi, labu *dibening semua* sop bening wortel buncis, buah2an yg adem aja kaya semangka, melon, pepaya, kadang2 minum jus wortel juga. itu juga masakannya ga pake vetsin/penyedap rasa. tapi yg ga bisa gw hindari ikan di goreng. soalnya kalo cuma ikan kuah2 terus gw bosen bgt. udah gitu kadang2 gw masih nyolong2 cemilan. hihihi..

Huaahh.. Kalo nonton tayangan Ins*rt Inv*stig*si kayanya ga heran deh orang2 hari gini pada kena penyakit yg serem2. Soalnya pedagang2nya jahat2 banget supaya bisa untung gede semuanya dikasih bahan2 kimia berbahaya. Mulai dari beras diputihin, cumi2 dikenyalin diwarnain, ah macem2 aja deh pokonya. Dan itu kita makan setiap hari secara ga sadar. kalopun makan di restoran, paling banyak fastfood, terus banyak vetsinnya. hadaaahhhhh.. yah iya aja dapet penyakit aneh2 deh kita. Terutama yg tinggal di ibukota propinsi & sekitarnya kaya gw. Susah menghindar dari menu2 yg ga sehat, kecuali ya masak sendiri, itu juga musti pinter2 milihnya lagi. pppfff..

Dari semua list diatas gw paling musuhan sama si ayam boiler, soalnya dia kan disuntik hormon biar cepet gendut. jadinya dari situ gw mikir2 lagi kalo sapi di peternakan tuh dikasi vitamin ato suntik apa aja yah?? ada ga sapi kampung? wakakakaka.. maka itu gw memilih untuk menghindar dulu dari daging sapi juga.

Oh iya setelah gw dan abang gw inget2 lagi ternyata dulu dari gw SMA sampe kuliah gw pernah perawatan ke klinik muka karena jerawat gw yg lumayan parah. Dan gw sering ganti2 dokter kulit/ skincarenya. dari dokter ke dokter gw sering dikasi resep obat minum berupa obat hormonal biar ga memacu minyak sebum dibawah kulit gw jadi lebih agresif. harapannya sih supaya jerawat gw kering dan 'terkendali' pertumbuhannya. gw paling parah jerawatan kalo menjelang mens. mungkin karena history itulah dokter2 yg gw datengin selalu kasi obat yg diminum berupa pengendali hormon. Pernah di salah satu skincare gw ditawarin minum pil KB buat ngendaliin sistem hormonalnya. tapi gw tolak abisnya serem aja masa belom nikah minum pil KB. Menurut gw sih kasus gw minum obat ini bisa jadi salah satu dari sekian banyak pemicu tumbuhnya si kista gw ini. Mengingat kalo awal timbulnya itu dari adanya kekacauan sistem hormonal gw.

Jadi mungkin buat kasus gw pemicu kistanya adalah.... kebanyakan minum obat hormonal + kebanyakan makan ayam boiler, fastfood dan kawan2nya + stress bertubi2 yg ga gw sadari + kebanyakan menghirup asap polusi udara di jalan + ga pernah olahraga + jarang makan sayur2an & buah2an + genetik riwayat nyokap juga pernah kista n myoma. apalagiiii yaaaaa... kayanya lengkap sudah daftar dosa gw. wakakakakaka..

Hadeehhhh ini postingan panjang benerrr.. next time gw update lagi deh tentang si kista jelek ini di akhir september setelah gw periksa USG lagi. Okay.. xoxo..



Note for disclaimer :
Jenis2 kista itu beragam, yg semua gw tulis disini dominan kaitannya dengan kasus kista endometriosis / kista coklat. terutama yg ada di badan gw aja. di kasus kista lain mungkin bisa diobservasi lagi dengan cara yg berbeda & penanggulangan yg berbeda juga yaaa.. Jadi.. menurut gw periksa ke dokter itu tetep penting, tapi kalo mau berusaha sembuh dengan cara dikombinasi dengan herbal ya terserah aja. xoxo..

Feel free ya kalo mau menghubungi gw..
Email : jeungthia@gmail.com
Line : sinthialigadani
YM : ligadani (tapi sering off)

5 comments:

Unknown said...

Hi,

seru banget blog-nya..

setelah diet dan minum herbal, gmn perkembangan kista-nya mbak?

saya juga ada kista 23.05mm, mo minum herbal tp msh bingung saking banyaknya pilihan, mb pake apa aja? g*m*t l*x*r dan x*am**ne kah? trus biar ga berantem diseling brp lama mbak antar herbal itu?

skrg lagi mencoba diet juga, cuma klo dibaca dari list mb tadi yg blm terlaksana si ayam broiler, tahu tempe, telur, goreng2 untuk si ikan, n susu (masih banyak donk hehehe)... setiap hari konsumsi x*am**ne (masih 1x sehari) jus apel+wortel, sayur, buah, air putih... kuniatin untuk stop ah makanan yang belum ikut aturan diet kalo gitu ;-)

herbal ama dietnya ngefek ngga ke ukuran kistanya skrg?

Thanks buat sharingnya..

Fitri

Anonymous said...

Hai juga.. :D

tadinya mau cek lagi ukuran kistanya di september selesai mens, tapi berhibung kartu berobatnya ilang dibawa maling, jadi kira2 oktober selesai mens baru mau cek lagi.

mudah2an sih mengecil. hehe.. *ngarep* tapi apapun hasilnya mengecil ato nggak kayanya aku mau operasi laparoscopy aja deh nanti. soalnya udah infeksi bikin adhesion alias perlengketan di deket mulut rahim. jadi lumayan logis menghambat masuknya sperma suamiku huhuhu..

Tapi setelah diet begini badan jadi enakan sih. lumayan membantu. jadi jarang nyeri pas lagi mens ato ovulasi. kalo pun sakit nyeri cuma sekitar 20 menit aja kontraksinya itupun pas lagi mens yg banyak banget aja.

iyah aku minum herbal yg merk itu.. hihi.. tapi kadang suka kelupaan juga. jadi minum seingetnya. wakakaka..

paling bahaya ayam boiler loh kayanya. soalnya kan si ayam disuntik supaya gendut pake sejenis hormonal perangsang pertumbuhan. hoho..

ayo semangat dietnya! xoxo..

Anonymous said...

Mbaa..boleh minta ym nya ga...baca blognya...aku jg sama nih spt mba..huhuhu

TheBlogg said...

Hai Shayla, sama banget pengalamannya sama gw. Endometriosis dan 8th nikah blm ada keturunan.
Semua cara (halal) dicoba tapi blm ada hasil.

Sekarang gimana kabarnya?

rinny.dongs@gmail.com

novi yanti said...

Kista coklat mmg musuh wanita bnget... #hiks*
Aku jg ada kista coklat..
Skrng lg mnum obat dri Dokter slm 2 bln..
Tp tetap blm hmil jg..
Obatny pun udh abiz :'(
Bnyk jg tmn sperjuanganku..
Pengen bnget pnya baby :(
Ujung2 nya Laparoscopy jg nih, tp mahalnya ampiiiuuuunnn deh.

wibiya widget

Pages

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails