Friday, November 6, 2009

Beauty is Belief..!

(it has been posted on facebook on Friday)

tergoda sm om google lg hr ini.. hehe.. nemu artikel ttg definisi 'cantik'.^^ yg dmksd cantik dsni bkn inner beauty lah yah.. *smua org jg pasti blg : inner beauty is the real beauty* tp cantik yg gw mksd dsni ya emg outer beauty. cantik itu apa sih? kulit putih? langsing? rambut panjang? mata lebar? idung mancung? tinggi body proporsional? hhhmmm.. menurut gw : Beauty is Belief ! ga percaya?! let's see this..

european-american

‘C a n t i k’ (secara fisik) menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yang dikeluarkan Departemen Pendidikan Nasional (2002), diartikan sebagai indah, elok, rupawan, atau bentuk, rupa dan lainnya tampak serasi. Cantik itu relatif. Definisi kecantikan selalu berubah menurut waktu dan tempat. Mari melihat 'cantik' dgn cara Cultural Studies, yaitu studi terhadap budaya untuk membongkar ideologi yang mungkin tersembunyi atau sengaja disembunyikan di dalam budaya. Budaya yang dimaksud tidak hanya budaya dalam makna, melainkan juga budaya-budaya yang dianggap populer. Dan media dianggap sebagai alat yang kuat dari ideologi yang dominan, media juga memiliki potensi untuk membangkitkan kesadaran masyarakat tentang masalah-masalah kelas, kekuasaan, dan dominasi.(Ardianto dan Anees, 2007; 179) *duh mulai berat yah bahasa'y* gyahahaha..^^



African-americanokay-okay.. mari kita lihat "cantik" dari sisi geografis dulu yagh..^^

>di pedalaman Papua, seorang dewi/ratu cantik yang disegani oleh warganya dari suatu kerajaan/ suku tertentu digambarkan oleh Abdoel Xarim M.S. (Pramoedya Ananta Toer, 2001: 139) sebagai berikut; Rambutnya keriting, hidungnya ditusuk ke dalam, kupingnya berlobang besar, mulutnya tebal, perutnya buncit, perhiasannya terbuat dari gigi dan tulang anjing.

>Di perbatasan Myanmar dan Thailand, anggota suku Kayan memulai ritual kecantikan mereka pada usia dini. Pada umur 5 tahun, anak-anak mulai mengenakan kalung tembaga di leher mereka, ritual yang sudah berlangsung berabad-abad. Seiring bertambahnya usia, kalung demi kalung ditambahkan sehingga leher se-makin memanjang, membuat mereka nam-pak seperti jerapah yang memakai banyak kalung. Untuk para wanita ini, kalung tembaga memberikan status dan tanda elegan bagi mereka. Padahal kalung-kalung yang sudah menjadi bagian dari hidup mereka itu beratnya bisa mencapai 10 kilogram!

>orang-orang Maori di New Zealand masih mempraktekkan sebuah ritual kecantikan warisan nenek moyang mereka mentato bibir. Orang-orang keturunan Polinesia ini percaya bahwa wanita nampak lebih menarik jika bibir dan dagu mereka ditato. Wanita yang bibirnya berwarna hitam kebiruan akan dianggap sangat cantik.

>di brazil menyempurnakan kecantikan telah menjadi obsesi nasional. Wanita-wanita yang tumbuh di Brazil memang kurang memiliki rasa percaya diri atas tubuh dan wajahnya. Mereka rata-rata memiliki berat badan 55-65 kg, dan tekanan untuk kurus sering membuat wanita di sana mengambil langkah ekstrim. Brazil adalah konsumen terbesar pil diet & operasi pelastik di dunia.

>Di Iran, karena yang tampak dari seorang wanita adalah wajah, maka mereka sangat berkonsentrasi pada bagian ini untuk menonjolkan kecantikkan mereka. Bedanya dengan wanita di negara lain yang merahasiakan operasi plastik mereka, di Iran wanita yang telah melakukan operasi hidung dengan terbuka membicarakannya. Setelah operasi, perban hidung akan dipakai terang-terangan. Hal itu disebab-kan karena operasi plastik sangat mahal di Iran, dan wanita me-lihat perban itu sebagai simbol status. Bahkan ada wanita yang tetap memakai perbannya sampai dua tahun setelah operasi. Saking ngetopnya operasi hidung! *really?!*

>di negara Afrika Barat tubuh gemuk dianggap lebih menarik. Di sana, wanita gemuk dianggap seksi. Akibatnya, selama berpuluh-puluh tahun, gadis muda dijadikan subyek dari praktek gayage atau pemaksaan makan—untuk meng-gemukkan mereka dan membuat mereka disukai pria. Di Mauritania, semakin gemuk badan Anda, akan semakin mudah bagi Anda untuk mencari suami.

>di Thailand, wanita berambut lurus dan panjang adalah yg tercantik. ga peduli apapun warna kulitnya.

>di Taiwan, wanita super kurus bisa jadi idola / trendsetter. ga heran dsna ada beribu macem obat pelangsing badan.

and many mores.. *googling sendri yagh.......* hihi..^^v

Tiap umur memiliki kecantikannya sendiri. nah..skg let's see "cantik" menurut jaman..^^

East Asia

>Ada zamannya wanita tembem itu dianggap cantik dan seksi, seperti di zaman dinasti Tang dan abad pertengahan di Eropa. *fiuh..gw lega..ada jg yah tembem sexy* HAHA..

>Yang Guifei, wanita populer, simbol kecantikan yg hidup dlm era Tang : Gemuk! Karena banyak lukisan wanita era Tang menggambarkan wanita2 dengan postur tubuh gemuk.

>Era 80-an, wanita cantik diilustrasikan dengan tubuh yang montok (gemuk), kulit kecoklatan dan perutnya berlipat, seperti yang sering kita saksikan dalam film India.

>Dalam tradisi masyarakat Arab kuno, memvisualisasi bahwa wanita yang cantik adalah yang badannya gemuk dan mempunyai lipatan perut. Hal ini bisa ditemukan dalam tari perut timur tengah, bahkan dalam tradisi Arab, kesuburan seorang perempuan dinilai dari berisi tidak tubuhnya. Pada abad ke-15 sampai ke-17, perempuan cantik dan seksi adalah mereka yang punya perut dan panggul yang besar serta dada yang montok, yakni bagian tubuh yang berkait dengan fungsi reproduksi.

>Era Globalisasi abad 21, Cantik sama dengan model Iklan televisi. Seperti yang selalu digembar-gemborkan oleh para modelnya adalah berkulit putih, bercahaya, mempunyai pinggang yang ramping, body padat dan berisi.



South-East AsiaOkay.. See that.. ga ada cantik yg standard kan. Cantik itu kepercayaan. Percaya kalo kurus ceking itu cantik. Percaya kalo gemuk montok itu cantik. Percaya kalo kulit putih kek item kek kuning kek coklat kek : cantik. smua'y tergantung dari kita percaya cantik 'yang mana'. hihihi.. ^^v

Cantik itu 'pinjaman' dariNya. maka itu harus dijaga & dirawat yg bener yagh.. ga usah yg aneh2. yg penting rapih, bersih, nice looking.. hehe..

Last but not least.......... All of us are soooo beautiful, belive me! ^^v

No comments:

wibiya widget

Pages

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails