Friday, November 6, 2009

Efek si Bulu Ketek..^^v

(it has been posted on facebook on Thursday, October 22, 2009)




ada apa di balik ketek Song Hye Gyo? hihi..ga ada maksud saru loh yah.. ini cm crita iseng doank.. huhu..^^ jd ini kejadian beneran.. kjadian staun yg lalu kira2.. hari jumat gw plg ke bekasi, hendak menjumpai ortu gw, dr kantor naek busway transit di harmoni turun di cempaka tengah terus nyambung metromini 47 ke arah pondok kopi. spt biasa klo udh malem gitu aga2 sepi bis'y. nyampe depan labschool rawamangun masuklah bbrp org dgn ramai'y.. hhhfff.. gw pikir yah lmyn lah biar ga sepi2 amat.. gw yg duduk dgn nyantai tiba2 terhenyak *kaget takjub mksd'y* ngeliat 1 mba2 tinggi-putih-bersih rambut sebahu tp baju'y cm kaos singlet super tipis wrn coklat dan..... tanpa bra! wew.. gw pikir "where am i? kuta beach.." gw nengok ke jendela sbntar, lanjut nengok lg ke mba itu yg 'kebetulan' duduk sbelah gw. dan.... wow... emg beneran ga pake yah bo! dgn bentuk akhir yg gamblang sekali.. gw cm mikir.......yaaa msh sindrom liburan di pantai kali nih org.. baiklah.. gw pun lanjut liat ke jendela lg. tiba si abang kernet bis nagih duit ongkos.. trus tibalah posisi si abang nagih duit ke mba itu..

abang kernet : crekk..crekk.. *bunyi2in duit2 receh'y*
si mba pantai : hehehehehe.. *nyengirrrr*
gw : ???
abang kernet : mba! turun mana?
si mba pantai : HEHEHEHEHE.. *nyengir tmbh kenceng*
abang kernet : *bingung*
si mba pantai : *tiba2 ngegosok2 ketek'y berulang2,dicium2in ke idung'y....dan tiba2 CRUT dy nyabutin bulu2 ketek'y dgn sadis dan diberikan ke tangan abang kernet dgn muka nyengir'y yg tmbh kenceng* HEHEHEHE....
abang kernet : JIIAAAHHHH.. STRES LU! bayar noh pk bulu ketek!
gw : MAMPUS kuadrat........ gw duduk sbelah orang gila....... siallllllllllllllllll... *pengen pindah duduk tp gw dipojok jendela* hhmmm.. baguuussss.. hari yg menyebalkan..

yah gw takut aja lah ntar tiba2 si mba secara anonoh dy nguwek2in bulu ketek'y di muka gw. bisa habislah peradaban gw di dunia fana ini. bisa langsung pingsan, dibawa ambulan, kena gagal jantung akibat shock berat krn disiksa dgn kejam'y spt itu.. huhuhu.. pasti ntar bnyk yg nangisin gw di pemakaman.. hoho..

gw sering denger istilah dr preman2 pasar jaman gw masih Tk, "heh..bayar noh pk bulu ketek" dan ternyata ini ada beneran org di abad ini yg melakukan transaksi pembayaran menggunakan bulu ketek. ckckckckck.. awesome. hohoho.. meskipun tuh org gila sih.^^v



eva arnas si icon wanita bulu ketek nusantara taun 80an..^^vdari situ gw tiba2 teringat ama EVA ARNAZ si artis bulu ketek itu. hihihi.. apa bagus'y sih ko taun 80an cewe2 pk bulu ketek malah jd idola gt. ckckckckck.. jijay ajah.. emg'y apa sih yg mreka pikirkan saat itu? apa iya bulu ketek jd unsur sensualitas yg komersil bwt artis2 di jaman itu? aneh yah.. ga ngerti.. kan jorokkkk tw! kya manusia purba. masa miara kingkong di ketek.. hehe..

sampe2 di negara tertentu ada kultur/kebiasaan/mindset or whateverlah untuk cewe2 berbulu ketek. hoho.. apa2an ini? ko ada siiiiyyy.. eh tp beneran ada masa'.. cewek zhongguo, pada pantang cukur bulu ketek. Padahal razor banyak kok, tapi biasanya buat cukur bulu kaki malah. Dan kalau musim panas khan pada pake pamer ketek, maka bertebaranlah pemandangan bulu ketek yang bikin illfeel itu. Selidik punya selidik, ada mitos yang bilang kalu bulu ketek dicukur itu nanti tumbuhnya bakalan lebih kasar dan lebih keriting dari sebelumnya, jadi daripada ntar ribet ama bulu ketek, karuan enggak dicukur aje dah. Di Singapur juga sama, khan memper semua tuh tampang, tapi kalau ada yang berdiri di MRT atau di bis lalu nongol bulu keteknya, orang langsung tahu, wah ini cewek mainland. ckckckckck..

Ada lg kaos bulu ketek. buat yg malu ga punya bulu ketek tp pgn tetep gaya.. hehe..ada pula.. penemuan khusus di bidang fashion : T-Shirt Bulu Ketek, Bikin Anda Makin Oke. Anda malu karena tidak punya bulu ketek? Ini solusinya. T-Shirt dengan gambar rambut di bawah lengan. Unik memang. Terbuat dari 100% katun, Anda akan terlihat lebih “macho” dengan T-Shirt ini. Takkan ada laki-laki yang berani macam-macam dengan Anda. Siapkan modal 29 euro plus biaya kirim, maka T-Shirt karya Miss Geschick & Lady Lapsus ini sudah bisa dipakai dengan bangga. alamakjaaaannnnggg.. ckckckckckck.. ko ada yah.. beneran ada lg..



bagi yg berminat silahkan berkunjung ke toko online berikut :
http://www.missandladysboutique.de/products/naturally-mink

luarrrr binasahhh temans.. hingga sayah menemukan artikel selanjut'y ini : artikel bau ketek.

Riset dari Bagian Biologi Manusia di Universitas Pensylvania. Seperti dilaporkan “Jurnal Biology of Reproduction America”, ekstrak ketiak yang sengaja diperas dari lelaki yang tidak memakai deodoran digunakan sebagai bahan penguji kalau hidung wanita bisa digoda bau badan lawan jenisnya. Dalam percobaan itu, parfum alami ini kemudian dioleskan ke atas bibir puluhan wanita berumur 25-45 tahun. Tentu tanpa memberi tahu kalau itu bibit keringat lelaki, dan hanya dikatakan kalau sedang menguji suatu aroma parfum.Enam jam pertama setelah itu, skala mood wanita yang diolesi parfum yang terbuat dan bibit keringat lelaki tersebut lalu diukur. Hasilnya sungguh unik. Selain bisa mencerahkan mood, parfum ketiak lelaki ternyata dapat juga membuat wanita menjadi kurang tegang.

Dari temuan itu kemudian dikembangkan riset bau ketiak lelaki bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk terapi kemandulan, misalnya, selain dibuat parfum seks, dan untuk tugas mengendurkan ketegangan wanita yang sering stres. Hal lain, bau kecut ketiak lelaki bisa juga menjadi obat untuk wanita yang sedang mengalami gangguan menjelang hari haidnya (premenstual syndrome), kasus yang menjadikan wanita suka mengutil, gampang celaka (accident prones), uring-uringan tanpa sebab, atau mudah tersinggung.

HAHAHA.. sayah menemukan lahan bisnis baru. bagaimana kalau kita karantina beberapa org pria di dlm suatu ruang bawah tanah yg bertemperatur tinggi. lalu kita perah ketek si pria2 itu. kita olah menjadi bbrp macam olahan parfum, obat terapi kemandulan, obat terapi mood dan obat nyeri haid. sayah rasa prospek'y cukup baik di masa mendatang. dari perah sapi mari kita beralih ke perah pria. hohoho..

penelitian sapa sih tuh? ada2 ajah. kurang kerjaan gitu sih.. ckckckckck.. gw emg tipe wanita yg moody bgt, sering moodless, tp mpe skg gw blm ada niat sedikitpun bwt ngendus2 ketek lekong yg kata'y bs bermanfaat bwt mood itu. HUAAAHHH.. yg ada muntah beling ama silet deh gw.. huhuhu..

btw.. ttg si bulu ketek ini.. emg jorok sih mnrt gw klo ga dibersihin. tp klo di bersihin ko malah bs bikin breast cancer loh kata'y... nah lohhh.. begimana duoonnkkk.. Anderson Cancer Center menyimpulkan bahwa wanita yang mencukur bulu ketiaknya ternyata 10 kali lebih rentan terhadap kanker payudara dibandingkan dengan wanita yang membiarkan bulu ketiaknya tumbuh apa adanya. Dr. Therese Bevers dari M.D. Anderson mengungkapkan, dengan mencukur bulu ketiak, di ketiak akan timbul banyak luka tak kasat mata serta pori-pori di daerah ketiak akan membesar. Ini memungkinkan toxin dan zat kimia dari berbagai produk seperti deodorant, bedak, dan krim akan dengan mudah memasuki kulit. Deodorant antiperspirant menambah mudah toxin masuk ke dalam kulit, karena antiperspirant mencegah pengeluaran keringat yang bisa membantu melunturkan toxin yang masuk. Toxin yang masuk itu dapat tertimbun pada payudara, dan akibatnya adalah timbulnya kanker.

hai para wanita.. tak mgknlah kita mengikuti jejak prestasi si EVA ARNAZ miara kingkong di ketek itu kannnn.. tp tak mgkn pula lah kita rela mengidap breast cancer cm gr2 ngebrantas si bulu ketek itu kann.. hauhauhau.. T___T

Saat mencabut bulu ketiak, tanpa disadari biasanya terjadi luka dan pori-pori membesar. Luka inilah yang memudahkan timbulnya penyakit, seperti radang, bengkak atau bernanah kemudian menjadi infeksi. Kondisi ini berlangsung dalam jangka panjang dan iritasi terjadi terus menerus, bisa menyebabkan mutasi sel. Nah, mutasi sel inilah yang juga memungkinkan terjadinya kanker payudara.
Lebih baik digunting! Menghilangkan bulu ketiak dengan cara apapun seperti waxes juga tidak disarankan karena resiko terjadinya kanker payudara sama besarnya dengan dicabut atau dicukur. Jadi lebih baik dipotong dengan menggunakan gunting kecil atau gunting khusus. Sebab dengan digunting resiko terjadinya luka dan pembesaran pori-pori tidak akan terjadi. well.. bgitulah yg gw sadur dr sbuah situs dermatologis. ^^v

kalo udah ngomongin kanker, kita smua langsung pada aware yah.. huhu.. abis bener2 susah dipastiin penyebab'y.. kadang2 jg cm krn spele kan.. hiks.. American Cancer Society memperkirakan bahwa pada tahun 2002 timbul 175.000 kasus kanker payudara ganas di Amerika Serikat, dan akan terjadi 43.000 kematian karena kanker payudara. serammm.. naudzubillah min dzalik.. T___T spt yg slalu dibilang abang gw : edukasi & deteksi dini adalah slh 1 cara terbaik pencegahan kanker..

Kemulusan ketiak adalah salah satu sunnah menurut agama yg gw anut..^^ Membersihkan bulu ketiak juga merupakan sunnah fithrah yang sangat sesuai dengan kesehatan, karena dengan dibersihkannya bulu ketiak, maka daerah ketiak akan menjadi lebih kering dan sehat, dan mengurangi bau yang timbul karena meningkatnya kelembaban di daerah tersebut. Cara menghilangkan bulu ketiak bisa mencabut, mencukur atau cara-cara lainnya. Mencabutnya tentu lebih utama "JIKA" mudah dilakukan. Hal ini berdasarkan slh 1 sabda Rasul SAW:

“Fitrah ada lima: Khitan, menggunting kumis, menggunting kuku, mencabut bulu ketiak dan mencukur bulu kemaluan.” (Muttafaqun ‘alaihi)

yahsuwdalah.. apapun serba-serbi ttg si bulu ketek ini. yg jelas gw ga mw miara kingkong dibalik ketek. hihi.. tp gw jg mw idup sehat tanpa si bulu ketek ini. huhu.. baiklah temans.. smua pilihan tergantung anda.. hoho.. ^O^v

Celebrate 02-10-2009

(it has been posted on facebook on Monday, October 19, 2009 at 6:43pm)

Yihaaa.. mumpung hari ini gw lg semangat, mending bikin notes aja deh hasil perburuan dr batik day kmrn. hihi.. well.. tanpa bermaksud untuk melupakan musibah gempa di sumatra barat dan sekitar'y, gw bermaksud untuk membangun kembali *halah* semangat ke-per-batik-an kita manusia2 indonesia. hehe..

wew.. ngaku deh.. pas batik day kmrn bnyk diantara kita yg jd narsis dadakan gt, alias poto2 bareng tmn2 yg lg sama2 pk batik di hari itu. hihi.. misal'y di kantor gw, yg emg biasa'ypada pk baju kasual aja klo jumat, tiba2 di batik day pd jd pk batik gt org2'y, kya lg kondangan dmn gitu.. ya ga smua sih.. tp rata2 pake.. hehe.. termasuk gw donk.. hoho..^^

BATIK Indonesia akhirnya dikukuhkan oleh badan internasional PBB, United Nations Educational, Scientific, and Culture Organization (UNESCO) atas eksistensinya sebagai warisan budaya Indonesia. Batik menjadi salah satu warisan budaya dunia nonbendawi bersama 76 warisan budaya dunia lainnya. Klaim Malaysia atau negara lainnya pun termentahkan karena dunia mengakui batik adalah milik Indonesia. *bangga mode on* ^^

olrait.. dari sesi poto2 pun berlanjut dgn sesi gugelan.. ketik kata 'batik' hehe.. and.. voila.. gw menemukan bnyk bgt issue2 menarik ttg batik yg blm pernah kpikiran ama gw slama ini. well.. let's see this..^^

issue pertama is.. batik china.

hayo2 ini batik china ato batik lokal? tebak..^^
okay.. what the maksud..? ada bnyk bgt kontroversi dr artikel2 yg gw baca. inti'y gini : batik china itu..kain textile biasa yg bermotifkan batik dan dipasarkan lagi disini negara asal batik yg emg dijual di tmp yg pembeli'y sangat potensial. ya tujuan'y sih emg motif ekonomi. jd cerita'y mreka ngeliat peluang bisnis jualan batik di indo itu potensial terus mreka produksi scr besar2an dgn teknologi textile yg mreka punya dgn menekan harga material yg seminimum mgkn yg kualitas'y standar2 aja. dijual yg penting murah dan laku. that's all.. mreka mah ga ada niatan nge-claim 'ini batik saya' kya si malay ntuh.. tp cm nge-garment textile'y aja. sama aja sih kya kain sari india yg lmyn bnyk textile'y di china. smua'y racikan komputer.. ga ada sentuhan handmade. jd kalo menurut gw nilai artistik'y jg beda loh. dmn2 kan klo yg asli itu lebih keliatan bagus kan.. hehe.. tp entah knp yah... banyakkkkk bgt artikel2 yg 'menentang' peredaran si batik china ini. malah ada bbrp artikel yg blg kalo peredaran batik china ini : Ilegal! huah.. ga tw jg sih.. hmmm.. menurut gw, wiraswastawan batik lokal/handmade ga usah takut ah.. kita kya'y udh lmyn bs bedain mana batik aseli mana batik buatan komputer belaka.. hehe.. dan yg aseli itu motif'y lebih 'indonesia' banget.. hehe..

yaaaaa.. emg ngaruh sih ama TPT (tingkat produksi tekstil) dlm negeri. tp jgn buruk sangka dl jg lah.. Faktor lain yang menyebabkan konsumsi pasar domestik tidak sebesar biasanya adalah karena pertumbuhan ekonomi pada tahun 2009 diprediksi sebesar 4% dengan inflasi 6%. Angka ini identifikasikan semakin menurunnya tingkat kesejahteraan masyarakat Indonesia yang berimbas pada semakin menurunnya daya beli masyarakat terhadap kebutuhan sandang. Dengan asumsi konsumsi pasar domestik sebesar 450 ribu ton, menunjukkan penurunan sebesar 6,25% jika dibandingkan dengan konsumsi pasar domestik kuartal III tahun 2008 sebesar 480 ribu ton. Meningkatnya permintaan pasar domestik karena musim lebaran diimbangi dengan meningkatnya produk impor yang masuk ke Indonesia. Peraturan pemerintah dalam Permendag No.56/M-DAG/PER/12/2008 tentang impor produk tertentu belum cukup mengatasi masalah tersebut. Fatalnya regulasi tersebut hanya mampu menekan laju impor legal saja, sedangkan produk ilegal belum terbendung dan masih menjadi permasalahan serius bagi industri TPT nasional. Dengan melihat data riset indotextiles, untuk pasar domestik pada tahun 2008 impor ilegal TPT mencapai 16%, impor legal 12% dan suplai lokal 72% dari total konsumsi 1.200 juta ton.

next.. issue yg kedua is... arti motif batik.

yg ini batik jogja.. udh sering liat kan..hehe..
berlanjut dr ribut2 ttg batik china diatas. ada baik'y deh dr pd kbanyakan ribut2 ga jelas. kita org indo aseli kudu tw motif2 batik yg ada buanyaaaakkk itu.. biar kita bisa langsung bedain jg mana yg buatan komputer sm mana yg emg motif aseli. dan ternyata.....wew..slalu ada cerita/filosofi di balik motif2 batik itu loh.. hoho.. *gw jg br tw sih* eng-ing-eng.. klik kata 'motif batik' pada om gugel.. ternyata.. set dah.. bnyk bgt motif'y mpe sukses bikin mata gw kunang2.. hihi.. gmn ngga.. ada motif batik bali, motif batik solo, motif batik jawa tengah, motif batik sunda, motif batik riau, motif batik jogja, motif batik aceh, motif batik garutan, motif batik pekalongan, motif batik jumputan, motif batik jepara, motif batik toraja, de el el.. fiuhhhh.. 1 wilayah aja ada macem2 motif'y trus makna'y jg.. wew.. misal'y..

Motif Sido-Mukti biasanya dipakai oleh pengantin pria dan wanita pada acara perkawinan, dinamakan juga sebagai Sawitan (sepasang). Sido berarti terus menerus atau menjadi dan mukti berarti hidup dalam berkecukupan dan kebahagiaan. jadi dapat disimpulkan motif ini melambangka harapan akan masa depan yang baik, penuh kebahagiaan unuk kedua mempelai.

Selain Sido Mukti terdapat pula motif Sido Asih yang maknanya hidup dalam kasih sayang.
Masih ada lagi motif Sido Mulyo yang berarti hidup dalam kemuliaan dan Sido Luhur yang berarti dalam hidup selalu berbudi luhur.

Ada pula motif yang bukan sawitan kembar, tetapi biasanya dipakai pasangan pengantin yaiu motif Ratu Ratih berpasangan dengan Semen Rama, yang melambangkan kesetiaan seorang istri kepada suaminya.
Sebenarnya masih banyak lagi motif yang biasa dipakai pasangan pengantin, semuanya diciptakan dengan melambangkan harapan, pesan, niat dan itikad baik kepada pasangan pengantin.

Pada Upacara Perkawinan Orang tua pengantin biasanya memakai motif truntum yang dapat pula berarti menuntun, yang maknanya menuntun kedua mempelai dalam memasuki liku-liku kehidupan baru yaitu berumah tangga. Boleh dibilang motif truntum merupakan simbol dari cinta yang bersemi kembali. Menurut kisahnya, motif ini diciptakan oleh seorang Ratu Keraton Yogyakarta. Sang Ratu yang selama ini dicintai dan dimanja oleh Raja, merasa dilupakan oleh Raja yang telah mempunyai kekasih baru. Untuk mengisi waktu dan menghilangkan kesedihan, Ratu pun mulai membatik. Secara tidak sadar ratu membuat motif berbentuk bintang-bintang di langit yang kelam, yang selama ini menemaninya dalam kesendirian. Ketekunan Ratu dalam membatik menarik perhatian Raja yang kemudian mulai mendekati Ratu untuk melihat pembatikannya. Sejak itu Raja selalu memantau perkembangan pembatikan Sang Ratu, sedikit demi sedikit kasih sayang Raja terhadap Ratu tumbuh kembali. Berkat motif ini cinta raja bersemi kembali atau tum-tum kembali, sehingga motif ini diberi nama Truntum, sebagai lambang cinta Raja yang bersemi kembali. cieh..cieh..cieh.. cuit..cuit.. hihi.. *halah* ^^

Dikenal juga motif Sido Wirasat, wirasat berarti nasehat, dan pada motif ini selalu terdapat kombinasi motif truntum di dalamnya, yang melambangkan orangtua akan selalu memberi nasehat dan menuntun kedua mempelai dalam memasuki kehidupan berumahtangga.



ini batik sidoarjo.. jarang liat sih gw..Nah.. menurut majalah fashion harpers Bazaar Indonesia, berikut 13 motif dasar batik yang sudah lumrah dipakai masyarakat Indonesia :

1. Parang Rusak
Adalah salah satu motif sakral yang hanya digunakan di lingkungan kraton. Motif ini juga bisa mengidentifikasi asal kraton pemakainya, apakah dari kraton Solo atau Yogya. Pantang digunakan oleh wanita yg belum menikah.

2. Parang Barong
Berasal dari kata "batu karang" dan "barong" (singa). Dulunya dikenakan para bangsawan untuk upacara ritual keagamaan dan meditasi karena motif ini dianggap sakral.

3. Parang Klitik
Menyimbolkan perilaku halus dan bijaksana. Dulu motif ini hanya dikenakan oleh para putri raja.

4. Parang Slobog
Menyimbolkan keteguhan, ketelitian, dan kesabaran.

5. Sekarjagat
Melambangkan ungkapan cinta dan memelihara perdamaian. Maka tak heran bila motif ini sering dikenakan dalam pesta pernikahan.

6. Tuntum
Biasanya dikenakan khusus untuk pernikahan terutama oleh orang tua pengantin karena motif ini berarti menuntun.

7. Kawung
Melambangkan kebijaksanaan dan keseimbangan hidup.

8. Mega Mendung
Melambangkan pembawa hujan yang dinanti-nantikan sebagai pembawa kesuburan dan pemberi kehidupan. Warna biru muda pada motif ini melambangkan semakin cerahnya kehidupan.

9. Poleng
Menggambarkan kejujuran, keseimbangan, dapat dipercaya dan berani.

10. Sido Mukti
Biasanya dikenakan oleh pengantin pria dan wanita pada acara perkawinan, dinamakan juga sebagai Sawitan (sepasang). Sido berarti terus menerus dan mukti berarti hidup berkecukupan dan kebahagiaan. Jadi motif ini melambangkan harapan akan masa depan yang baik.

11. Sido Asih
Memiliki makna kasih sayang.

12. Sido Mulyo
Berarti hidup selalu berbudi luhur.

13. Sido Wirasat
Pada motif ini selalu terdapat komdinasi motif ini selalu terdapat kombinasi motif truntum di dalamnya karena melambangkan orang tua akan selalu memberi nasehat dan menuntun kedua mempelai dalam memasuki kehidupan berumahtangga.

pantesannn.. dulu pas mw kawinan sodara gw, nyokap gw ngomel2 pas gw ngasal mw make kain batik motif parang rusak.. "aduh.. km anak gadis jgn pake motif parang rusak, nnti klo dapet jodoh cepet bubar'y loh" gitu kata nyokap dan gw cm jawab sinis "ha? emg apa hubungan'y gitu?" hahaha.. ternyata macem2 yah arti'y.. yah dulu mah menehketeheh.. hoho..

hasil snap shot di gedung BEI.. hihi..

gak cuma itu dear friends.. batik jg berevolusi wkt jaman perjuangan melawan penjajah! wew.. Ketika Jepang masuk ke Indonesia pada tahun 1942-1945 sebagai bagian dari kampanye penaklukan Asia Timur Raya, pengaruh Jepang juga terasa pada batik-batik di pesisir utara Jawa Tengah. Pada masa itu, dilahirkan batik-batik tulis yang disebut sebagai batik Jawa Hokokai. Nama ini mengikuti nama organisasi propaganda Jepang yang mengindoktrinasi semua yang berusia di atas 14 tahun tentang konsep Asia Timur Raya. Mungkin karena periode pendudukannya yang singkat serta kekejaman Jepang yang luar biasa selama 3,5 tahun masa penjajahan itu, maka sedikit saja informasi yang tersedia tentang batik Jawa Hokokai. Juga belum ada tulisan yang khusus membahas batik dari periode ini. Batik-batik dari era 1942-1945 yang sering disebut sebagai batik Jawa Hokokai ini pernah dipamerkan di Gedung Arsip Nasional pada tanggal 13 September – 24 September 2000 lalu.

Iwan Tirta dalam bukunya Batik, A Play of Light and Shades, menyebutkan para juragan batik memperkenalkan batik Jawa Hokokai sebagai tanda “penyesuaian” kepada penguasa baru supaya mereka mendapat tempat. Batik Hokokai mengingatkan pada sehelai kanvas, di mana setiap bidangnya diisi dengan rapat oleh ragam hias. Bunga sakura dimasukkan ke dalam batik Hokokai, tetapi secara keseluruhan tidak ada pengaruh khusus desain Jepang. Menurut Iwan, batik Hokokai tampak sebagai evolusi alamiah banyak batik lain di pantai utara Jawa yang dipengaruhi oleh Cina dan Eropa. awesome!^^

So.. how? sbg org Indo tentu kita kudu berbangga hati karena batik Indonesia mempunyai nilai filosofi luhur yang tinggi dan tidak dimiliki bangsa lain selain bernilai seni tinggi dan berkadar keindahan yang langgeng. Tidak hanya batik secara fisik namun simbolik yang terkandung dalam motif, ornamen dan warnanya. Bahkan filosofi yang terkandung dalam batik tradisional dan klasik itu bisa menjawab semua persoalan dalam hidup dan bisa menjadi petunjuk hidup masyarakat kita dahulu.


snap shot di galeri ATM.. hehe..


Dalam Hak Cipta, kreasi independen dua seniman yang mirip memang bisa sama-sama mendapat perlindungan, selama dapat dibuktikan bahwa kreasi itu tidak dihasilkan dari niat buruk mencontek. Apalagi kalau “contekan” itu berasal dari karya seni tradisional yang memang masih sulit dilindungi secara menyeluruh oleh sistem Hak Kekayaan Intelektual yang kini umum berlaku, yang umumnya diturunkan dari Perjanjian Internasional TRIPS 1994 (Agreement on Trade-Related Aspects of Intellectual Property Rights 1994).

Selain itu, ada juga potensi perlindungan lain yang ditawarkan hukum, yakni perlindungan terhadap tanda, nama atau indikasi asal suatu barang, yang disebut perlindungan Indikasi Asal. Perlindungan ini terdapat dalam Perjanjian Paris untuk Perlindungan Hak Kekayaan Industrial 1883 (The Paris Convention for Protection of Industrial Property of 1883). Perjanjian internasional tersebut melindungi hak-hak kekayaan intelektual selain Hak Cipta. Sama dengan Konvensi Bern, perjanjian itu juga mengikat Malaysia dan Indonesia. Perjanjian Paris melarang setiap barang beredar dengan menggunakan Indikasi Asal yang salah atau menyesatkan. Dalam hukum nasional Indonesia, Indikasi Asal sebetulnya juga telah diatur. Sayangnya, pengaturannya hanya merupakan bagian kecil dari UU No. 15 Tahun 2001 tentang Merek. Itu membuat penafsiran umum yang sempit di kalangan pakar hukum nasional, jika ada pembicaraan soal Indikasi Asal, pasti yang dibicarakan “hanyalah” sejenis merek dagang seperti Nike, Channel atau Prada. Umumnya, lagu, tari-tarian, atau karya-karya artistik lain, memang bukan objek langsung dari Hak Merek, tetapi Hak Cipta. Jadi, belum apa-apa, sudah timbul persepsi bahwa penghubungan perlindungan Indikasi Asal dengan karya-karya tradisional yang berwujud karya-karya seni itu sudah “salah” dari awal. Padahal, perlindungan Indikasi Asal tidak sesempit itu. Jika Indikasi Asal diartikan sebagai bagian dari Indikasi Geografis dalam arti luas, hanya saja belum didaftar, sejarah dan akar budaya setempat, termasuk tradisi pembuatannya, justru adalah salah satu syarat utama perlindungan, di samping faktor alamiah lainnya. Perlindungan ini juga tidak mensyaratkan orisinalitas sekualitas Hak Cipta atau tingkat invensi setinggi paten. Yang “hanya” perlu dibuktikan adalah, suatu nama yang disandang oleh barang atau karya material terkait punya karakter yang unik, yang berasal dari pengaruh faktor alam dan sejarah budaya setempat. Jadi, perlindungan atas Indikasi Geografis, termasuk Indikasi Asal, betul-betul menjunjung karakter lokal. Singkatnya, perlindungan Indikasi Geografis dan Indikasi Asal, sesuai namanya, memang hendak melindungi dan menghormati “tempat asal” karya yang sebenarnya. hohoho..^^

HUAH.. dari 1 kain doank ko gw jd mikir'y melanglang buana kmana2 gini yah.. hihi..^^ Okay.. mgkn udh bkn lg saat'y ngomong WHY tp mgkn skg saat'y ngomong HOW. hehe.. dari ketiga hal diatas mnurut gw saling berhubungan 1 sama lain loh.. dari kasus batik china itu, ya emg ngerugiin peluang pasar batik lokal sih. krn selain murah textile mreka sintetis bgt jd ga cpt sobek. ah tp sapa bilang.. gw seneng ko pk batik lokal.. adem tw klo bwt dipake dirumah. hehe.. trus motif'y jg kliatan lah bkn buatan komputer krn ada bercak2 tinta malam'y diserat2 kain katun'y itu. nah maka'y ada baik'y kita paling ngga tw lah dikit2 ttg motif2 batik. yaaa minimal bisa bedain mana yg buatan komputer mana yg aseli pk tinta malam. kalo kita aware, pasti kita bisa langsung bedain kok. abis gitu jgn lupa dipake donk.. hehe.. bwt jalan2 keq.. bwt ke acara formil keq.. bwt dirumah keq.. as you wish lah..^^ ga usah merasa 'menang' dulu krn pngakuan UNESCO itu, yg bener itu kita harus 'menang' ngelawan mind set kita sndri. Biar batik ini tetep eksis di kehidupan org2 indo sehari2. ga ada rasa malu ato mrasa kuno lg pk batik.

Udah lewat masa2 org2 Indo "Luar Negeri minded" kya 10 taon yg lalu. ini bkn generasi Mtv lg kan.. hehe.. kalo dulu pulang sekolah gw demen bgt langs nonton Mtv.. tp mgkn skg pulang kerja gw demen bgt nonton Opera van Java sambil ngekek2.. klo dulu gw demen bgt nonton telenovela, mgkn skg malah demen nonton cinta pitri. wakakakakka.. cara membentuk mind set org indo itu adlah dgn menciptakan trend baru.. hihi.. staun yg lalu, ITC kuningan dipenuhi dgn jualan baju2 batik kontemporer bwt ke kantor.. akhir'y jd trend ke kantor pk baju2 batik kontemporer itu.. hihi.. nama'y jg org indo.. asal ada yg nge-HITS sekali trus laku eh yg laen jg ntar latah pd ikut2an.. hoho.. pas gw masih sma dl jg pernah lg jaman2'y rok batik yg pk karet di pinggang model'y A line gitu, trus pd beli smua deh cewe2 bwt dipake rame2 klo jalan2..^O^v

Well.. gw skg mw ngucapin Congratz bwt perjuangan designer2 Indo & pengusaha2 batik dmn pun brada yg slama berjuang tanpa lelah bertaun2 bwt menjadikan batik 'naik kelas' dan bgini membanggakan bwt kami yg memakai'y saat ini.^O^ Thanks to Bunda Anne Avantie bwt kebaya2'y yg udh keliling dunia & Iwan tirta bwt riset batik Jawa Hokokai'y.. dan smua designer2 lain'y deh.. we appreciate & support to all yours struggle for our precious heritage : especially Batik. Met Hari Batik 021009 yaw..^^v

Beauty is Belief..!

(it has been posted on facebook on Friday)

tergoda sm om google lg hr ini.. hehe.. nemu artikel ttg definisi 'cantik'.^^ yg dmksd cantik dsni bkn inner beauty lah yah.. *smua org jg pasti blg : inner beauty is the real beauty* tp cantik yg gw mksd dsni ya emg outer beauty. cantik itu apa sih? kulit putih? langsing? rambut panjang? mata lebar? idung mancung? tinggi body proporsional? hhhmmm.. menurut gw : Beauty is Belief ! ga percaya?! let's see this..

european-american

‘C a n t i k’ (secara fisik) menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yang dikeluarkan Departemen Pendidikan Nasional (2002), diartikan sebagai indah, elok, rupawan, atau bentuk, rupa dan lainnya tampak serasi. Cantik itu relatif. Definisi kecantikan selalu berubah menurut waktu dan tempat. Mari melihat 'cantik' dgn cara Cultural Studies, yaitu studi terhadap budaya untuk membongkar ideologi yang mungkin tersembunyi atau sengaja disembunyikan di dalam budaya. Budaya yang dimaksud tidak hanya budaya dalam makna, melainkan juga budaya-budaya yang dianggap populer. Dan media dianggap sebagai alat yang kuat dari ideologi yang dominan, media juga memiliki potensi untuk membangkitkan kesadaran masyarakat tentang masalah-masalah kelas, kekuasaan, dan dominasi.(Ardianto dan Anees, 2007; 179) *duh mulai berat yah bahasa'y* gyahahaha..^^



African-americanokay-okay.. mari kita lihat "cantik" dari sisi geografis dulu yagh..^^

>di pedalaman Papua, seorang dewi/ratu cantik yang disegani oleh warganya dari suatu kerajaan/ suku tertentu digambarkan oleh Abdoel Xarim M.S. (Pramoedya Ananta Toer, 2001: 139) sebagai berikut; Rambutnya keriting, hidungnya ditusuk ke dalam, kupingnya berlobang besar, mulutnya tebal, perutnya buncit, perhiasannya terbuat dari gigi dan tulang anjing.

>Di perbatasan Myanmar dan Thailand, anggota suku Kayan memulai ritual kecantikan mereka pada usia dini. Pada umur 5 tahun, anak-anak mulai mengenakan kalung tembaga di leher mereka, ritual yang sudah berlangsung berabad-abad. Seiring bertambahnya usia, kalung demi kalung ditambahkan sehingga leher se-makin memanjang, membuat mereka nam-pak seperti jerapah yang memakai banyak kalung. Untuk para wanita ini, kalung tembaga memberikan status dan tanda elegan bagi mereka. Padahal kalung-kalung yang sudah menjadi bagian dari hidup mereka itu beratnya bisa mencapai 10 kilogram!

>orang-orang Maori di New Zealand masih mempraktekkan sebuah ritual kecantikan warisan nenek moyang mereka mentato bibir. Orang-orang keturunan Polinesia ini percaya bahwa wanita nampak lebih menarik jika bibir dan dagu mereka ditato. Wanita yang bibirnya berwarna hitam kebiruan akan dianggap sangat cantik.

>di brazil menyempurnakan kecantikan telah menjadi obsesi nasional. Wanita-wanita yang tumbuh di Brazil memang kurang memiliki rasa percaya diri atas tubuh dan wajahnya. Mereka rata-rata memiliki berat badan 55-65 kg, dan tekanan untuk kurus sering membuat wanita di sana mengambil langkah ekstrim. Brazil adalah konsumen terbesar pil diet & operasi pelastik di dunia.

>Di Iran, karena yang tampak dari seorang wanita adalah wajah, maka mereka sangat berkonsentrasi pada bagian ini untuk menonjolkan kecantikkan mereka. Bedanya dengan wanita di negara lain yang merahasiakan operasi plastik mereka, di Iran wanita yang telah melakukan operasi hidung dengan terbuka membicarakannya. Setelah operasi, perban hidung akan dipakai terang-terangan. Hal itu disebab-kan karena operasi plastik sangat mahal di Iran, dan wanita me-lihat perban itu sebagai simbol status. Bahkan ada wanita yang tetap memakai perbannya sampai dua tahun setelah operasi. Saking ngetopnya operasi hidung! *really?!*

>di negara Afrika Barat tubuh gemuk dianggap lebih menarik. Di sana, wanita gemuk dianggap seksi. Akibatnya, selama berpuluh-puluh tahun, gadis muda dijadikan subyek dari praktek gayage atau pemaksaan makan—untuk meng-gemukkan mereka dan membuat mereka disukai pria. Di Mauritania, semakin gemuk badan Anda, akan semakin mudah bagi Anda untuk mencari suami.

>di Thailand, wanita berambut lurus dan panjang adalah yg tercantik. ga peduli apapun warna kulitnya.

>di Taiwan, wanita super kurus bisa jadi idola / trendsetter. ga heran dsna ada beribu macem obat pelangsing badan.

and many mores.. *googling sendri yagh.......* hihi..^^v

Tiap umur memiliki kecantikannya sendiri. nah..skg let's see "cantik" menurut jaman..^^

East Asia

>Ada zamannya wanita tembem itu dianggap cantik dan seksi, seperti di zaman dinasti Tang dan abad pertengahan di Eropa. *fiuh..gw lega..ada jg yah tembem sexy* HAHA..

>Yang Guifei, wanita populer, simbol kecantikan yg hidup dlm era Tang : Gemuk! Karena banyak lukisan wanita era Tang menggambarkan wanita2 dengan postur tubuh gemuk.

>Era 80-an, wanita cantik diilustrasikan dengan tubuh yang montok (gemuk), kulit kecoklatan dan perutnya berlipat, seperti yang sering kita saksikan dalam film India.

>Dalam tradisi masyarakat Arab kuno, memvisualisasi bahwa wanita yang cantik adalah yang badannya gemuk dan mempunyai lipatan perut. Hal ini bisa ditemukan dalam tari perut timur tengah, bahkan dalam tradisi Arab, kesuburan seorang perempuan dinilai dari berisi tidak tubuhnya. Pada abad ke-15 sampai ke-17, perempuan cantik dan seksi adalah mereka yang punya perut dan panggul yang besar serta dada yang montok, yakni bagian tubuh yang berkait dengan fungsi reproduksi.

>Era Globalisasi abad 21, Cantik sama dengan model Iklan televisi. Seperti yang selalu digembar-gemborkan oleh para modelnya adalah berkulit putih, bercahaya, mempunyai pinggang yang ramping, body padat dan berisi.



South-East AsiaOkay.. See that.. ga ada cantik yg standard kan. Cantik itu kepercayaan. Percaya kalo kurus ceking itu cantik. Percaya kalo gemuk montok itu cantik. Percaya kalo kulit putih kek item kek kuning kek coklat kek : cantik. smua'y tergantung dari kita percaya cantik 'yang mana'. hihihi.. ^^v

Cantik itu 'pinjaman' dariNya. maka itu harus dijaga & dirawat yg bener yagh.. ga usah yg aneh2. yg penting rapih, bersih, nice looking.. hehe..

Last but not least.......... All of us are soooo beautiful, belive me! ^^v

bukan Manohara yg Model itu..^^

(it has been posted on facebook on Wednesday)

Alkisah di negara Pancala terdapat 2 kerajaan yang saling berbeda. Kerajaan bagian Utara disebut sebagai Kinnara, hidup makmur, rukun dan tentram, dipimpin oleh Raja Druma. Kerajaan bagian Selatan justru sebaliknya, memperlakukan rakyatnya dengan kejam dan tak berperikemanusiaan.
Raja Kerajaan Selatan yang melihat kenyataan ini menjadi marah, daerah kerajaannya makin lama menjadi kosong karena ditinggalkan penduduknya menuju Utara. Ia lalu membuat sayembara, barangsiapa yang bisa membawa naga sakti bernama Janmacitraka yang tinggal di Kerajaan Utara dan membuat kemakmuran di negeri itu ke kerajaannya, akan mendapatkan hadiah berupa emas yang banyak. Tetapi pemburu sakti Halaka malah menangkap Manohara.

Putri bungsu dari Raja Kinnara di Kerajaan Utara bernama Putri Manohara, berbentuk setengah manusia dan separuh burung, sering mandi di tepian danau. Manohara punya kekuatan untuk merubah dirinya menjadi manusia, perempuan yang sangat cantik dengan suara yang mempesona. Hal.. Dengan kesaktiannya, Manohara pun ditangkap oleh Halaka.



relief transaksi barter pangeran sudhana-Halaka
(Candi Borobudur)Halaka bergegas menyerahkan tawanannya pada Pangeran Sudhana dari Kerajaan Selatan. Namun Pangeran Sudhana malah terpesona pada kecantikan Manohara, ia berniat mengembalikan putri bungsu Raja Kinnara. Kemudian, Pangeran Sudhana melamar Manohara dan mereka berdua menikah. Manohara pun diboyong ke Kerajaan Selatan.

Raja Kerajaan Selatan, ayah kandung Pangeran Sudhana bermimpi buruk bahwa anaknya akan merebut tahtanya. Ia mendatangi para penasehatnya untuk menterjemahkan mimpi itu. Para penasehat kerajan mengatakan untuk tidak mempercayai mimpi yang tidak benar dan menganjurkan mengadakan sebuah ritual pengorbanan. Adapun yang dikorbankan itu haruslah bangsawan Kinnan dari Kerajaan Utara, yang tak lain dan tak bukan adalah Manohara sendiri.



relief manohara dalam pelarian
(Candi Borobudur)Sesampainya di istana, Pangeran Sudhana tidak menemui Manohara. Dari ibunya ia mendapat penjelasan bahwa ayahnya dipengaruhi oleh penasehat kerajaan untuk mengorbankan istrinya. Pangeran Sudhana kecewa, lalu mencari Halaka untuk mencari tahu keberadaan istrinya.
Sementara itu, Manohara yang dalam pelarian dari Kerajaan Selatan, ia dalam perjalanan menuju kerajaan ayahnya di Kerajaan Utara.

Pangeran Sudhana lalu menuju Kerajaan Utara untuk mencari Manohara. Dalam perjalanannya, ia melewati tempat pemandian Manohara di tepi danau. Ia bertemu dengan para dayang Manohara tapi tidak dengan istrinya. Pangeran Sudhana melemparkan cincin pemberian Manohara ke danau, tanda bahwa ia sudah mencarinya. Ketika cincin itu dilempar, Manohara muncul. Kemudian mereka berdua menuju Kerajaan Utara.



relief sayembara panah pangeran sudhana
(Candi Borobudur)Pangeran Sudhana dan istrinya, atas permintaan dari ayahanda Manohara, Raja Druma, akhirnya tinggal sementara di Kerajaan Utara. Sekian lama mereka tinggal di kerajaan itu, Pangeran Sudhana meminta diri untuk kembali ke Kerajaan Selatan dan menuntut atas tindakan ayahandanya pada istrinya.
Pangeran Sudhana memberontak pada Kerajaan Selatan, merebut tahta itu dari ayahandanya. Tak lama kemudian, ia berhasil menjadi raja di Kerajaan Selatan, kemudian di Kerajaan Utara, Raja Druma yang sudah tua turun tahta dan menyerahkannya pada Pangeran Sudhana. Lewat Pangeran Sudhana, kerajaan di Pancala yang saling berseberangan dan berbeda ini disatukan untuk hidup dalam kemakmuran dan kedamaian.

Kisah Putri Manohara, dikenal di negara-negara dengan penduduk mayoritas pemeluk Buddha seperti India, Tibet, Thailand, dan di Candi Borobudur yang dibangun di antara Kali Elo dengan Progo, Kabupaten Magelang, sekitar abad ke-8 masa Dinasti Syailendra itu. Begitulah kata Budayawan Borobudur Ariswara Sutomo yang juga penulis buku Temples of Java. Menurut dia, kasus Manohara mirip dengan kisah Putri Manohara - tercatat dlm Buku Jataka-Avadana-, yang terpahat di sebelah barat, lorong lantai dua relief Candi Borobudur.

kisah ini pernah diangkat ke dalam film oleh India di tahun 1954 dengan judul yang sama, 'Manohara'. Film 3 seri ini menggunakan bahasa Tamil, diproduseri oleh Jupiter Laboratories, skrip naskah ditulis oleh Karunanithi, namun tidak diketahui siapa yang menyutradarainya.

ini film india'y..coba yg main katrina kaif sm john abraham yahhh..^^
hhmmm.. ato aiswarya sm abishek ?.. hoho..

Lah....emang mirip yah ama crita si mano endud itu? kalo emg mirip...ati2 dah ngasi nama anak.. hihi..^^v

Mutilasi Perempuan

(it has been posted on facebook on Tuesday, May 12, 2009 at 6:07pm)

hoho.. serem amat yah judul'y.. ee tp itu bkn kata gw loh.. itu kata WHO "Female Genital Mutilation" alias khitan perempuan. awal'y gw masih cuek aja pas nonton film mini dokumenter di metro tv pas hari kartini ttg khitan perempuan ini. krn yg bwt film'y kaum feminis yaaa pasti'y mreka menolak mentah2.. huhu.. lanjut lg pas gw baca the sultana's daughter, dsitu jg ada topik ini lg. akhir'y penasaran, gw nanya nyokap gw malem'y, apa gw dl jg dikhitan. kata nyokap iya tp di bidan, krn gw dulu lahir di R.S Katolik. tp nyokap gw udh lupa tuh kaya apa gw dikhitan, steril apa ngga alat bedah'y. huhuhu.. jd takut knapa2.. akhir'y googling deh gw.. hehe.. hasil'y..


ternyata e ternyata *haiyah* Dept. Kesehatan ma Dept. Pemberdayaan Perempuan udh mengeluarkan seruan untuk melarang praktik khitan perempuan ini loh.. sedangkan MUI masih membolehkan & Harap2 cemas *H2C dounk* kalo nnti dibuat UU anti Khitan perempuan atas desakan LSM perempuan atas support PBB. hauhauhau.. tenang2.. mari kita lihat apa yg sbnr'y terjadi..^^

hasil googling gw dr lebih dr 25 blog, katanya niyyy.. menurut anthropologi dunia, khitan perempuan ini udah ada dr jaman pra-sejarah (16 SM). terbukti dari ditemukan mummi2 berjenis wanita yg sdh dikhitan. tujuan magis'y untuk mencegah masuk'y roh jahat ke tubuh si wanita tsb. Khitan pada mummi itu memiliki tanda clitoridectomy (pemotongan yang merusak alat kelamin). Selain ditemukan pada bangsa Mesir, khitan juga sudah menjadi tradisi bangsa-bangsa di lembah Nil; yakni Sudan, Mesir dan Eithopia. meskipun awal'y ini tradisi tradisional masyarakat afrika & semenanjung arab, tp hal ini ttp disunahkan oleh Nabi Muhammad, dgn syarat dilakukan dgn cara yg beradab & tdk boleh melukai berlebihan. maka itu praktik ini masih ada sampe hr ini terutama di negara2 muslim. cm fakta'y cara2 yg dipraktikkan di setiap negara beda2.

praktik khitan perempuan di dunia sndri ada 3 tipe :
Tipe I, "clitoridotomy" atau "hoodectomy"
adalah yang paling terbatas dan melibatkan pemindahan atau pemecahan dari clitoral hood (praeputium)
Tipe II atau clitoridectomy
lebih luas dan menunjukkan yang sebagian atau total removal clitoris, dan kadang-kadang juga labia minora.
Tipe III, yang juga disebut sebagai infibulation atau pharaonic sunat
Terdiri dari clitoridectomy, penghapusan dari labia minora, pemotongan dari labia majora, kemudian menjahit bersama dengan memotong labia majora lalu menjahit'y untuk menutupi smua bag kelamin dan hanya meninggalkan seddikit pembuka untuk membolehkan air seni dan haid darah untuk dilewati

Di Indonesia sendiri khitan perempuan sangat2 manusiawi. hehe.. apalg jaman skg. tim medis (dokter / bidan) cm melakukan "khitan simbolis" yaitu menggunakan jarum yg sangat tipis ditusukan setitik ke praeputium, cm keluar darah setetes. nah kalo jaman dulu, praktik ini dilakukan sm dukun2 sunat tradisional. pake pisau ga jelas, bersih apa ngga'y. tp meskipun bgtu, dukun2 sunat tradisional itu ga sakit jiwa kaya dukun2 di afrika yg bener2 "menghabisi" semua bagian'y pake alat pemotong ga jelas mirip golok apa celurit kecil gt. eduannn.. *maaf gambar tdk boleh ditampilkan* hihi..


Di Indonesia umum'y dipraktikkan wkt perempuan masih bayi, meskipun ada jg sih yg di umur2 10 taunan. kalo di semenanjung arab umum'y malah dilakukan 14 hari sblm pernikahan. kyaaaa.. seremmm.. huhu.. kalo di afrika sendiri wkt si wanita itu haid pertama sbg simbol udh dewasa.

kenapa jg jadi pro&kontra ?
PBB dan teman2'y mengecam atas nama HAM & berupaya keras taun 2038 bisa memberantas habis praktik ini dr smua wanita di muka bumi. hohohoho.. yaeyalah.. yg diliat yg di afrika. yg kejem ala barbarita bgtu cara'y. tp suka sok tw jg deh mreka.. hihi.. tp berhasil sih bikin influence ke 28 negara2 afrika+semenanjung arab bwt ngeluarin UU anti khitan perempuan ini. maka dr itu mreka jg lg dlm upaya influence ke Indo melalui LSM2 perempuan untuk mendesak pemerintah ngeluarin UU serupa. duh..duh.. bikin ribet aja ah mreka..

knapa jg musti ribet2 siyyy aaahhh?
menurut hadist2 yg udh gw googling (silakeun di googling sndiri yaaa^^), most of them (ulama) menjelaskan kalo hukum'y sunnah bwt perempuan, jd ga wajib. sebagian kecil lg blh mubbah, jd boleh2 ajah. sebagian kecil lg blg haram kalo sampe "melukai" yg mengakibatkan disfungsi seksual. tp paling bnyk bilang s u n n a h.. jadi......kalo kata gw sih gini ajaaaa yaaa..

- bwt yg tetep mw menjalankan syariat tsb, silakeun..asal didukung dgn prosedur bedah yg baik & benar. bener2 steril. dan harus dijamin pula tdk "melukai" syaraf2 halus yg ada di bag setelah praepputium, bs fatal seumur idup ntar hihihi... infeksi bs terjadi kalo ada kesalahan prosedur bedah. akibat'y kelamin si wanita tsb bs rentan kena virus ini itu. hhhmm.. ati2 maka'y..

- bwt kaum feminis yg ngga mw menjalankan jg ya monggo.. kan sunnah tho.. tp ga usah rusuh2 lg deh bikin UU segala, bikin ribet ajah..

- bwt yg udh terlanjur di khitan di era jaman dulu yg ga tw steril apa ngga pisau khitan'y *kya gw* huhu.. lakukan Pap Smear setelah menikah. huhuhu.. pola hidup sehat. deteksi dini & edukasi adlh usaha terbaik untuk mencegah kanker serviks.

- bwt PBB & kawan2, plis deh ga usah rusuh.. indo bkn afrika yg barbarita.. indo bkn jg arab yg bikin alasan utama khitan perempuan ini semata2 sbg peredam hasrat sesat para wanita.. plissss deh PBB, itu kan cm bisa2'y pria2 arab bikin alasan trus mreka langs bs langs seenak'y ngebatalin ngelamar si cewe arab kalo si pria tw kalo si cewe blm dikhitan. dasar arab! sebel.. *knock the wood* ini Indo gt loh..alasan'y cm ngejalanin syariat aja ko.. landasan hadist'y spy "membuat wajah wanita berseri & membahagiakan suami" arti'y... googling sndri yaaaa.. hehe..


last but not least.. bersyukur aja deh jd org Indo jaman skg. ga usah aneh2 lah ato bikin rusuh segala bikin konflik ga jelas yg emg sbnr'y ga usah diributin jg. bbrp bln yg lalu gw dpt imel forward'an dr tmn kantor gambar2 praktik ini ke cewe2 afrika. wkt itu judul'y 'tes keprawanan' wkt itu gw ktawa cekikikan tanpa ampun ama tmn2 kantor gw sambil nyanyi2 gila 'apuse kokondao' tp skg gw br ngerti gambar apakah itu sbnr'y.....gw nyesel...maaf yah ibu2 afrika..saya memang jahat dulu itu.. hauhauhau.. maap.. T.T




thanks yah...bwt semua source..abangkuw&wanita'y..serta para partisipan survei via YM & FB.. hihi..^^ caio..

Kartini Judes

(has been posted on facebook notes on Wednesday, April 22, 2009 at 2:42pm)

http://www.facebook.com/profile.php?id=1132205303&v=app_2347471856&ref=profile#/note.php?note_id=74545998839

kemaren hari kartini yah? eee pantesan petugas2 tiket busway pd pk baju kebaya. di bunderan HI pas pagi2 jg bnyk ibu2 polwan pd diwawancara ama media gt deh. pas hr minggu jg ada variety show dokumenter ttg Kartini di tipi swasta nasional jg. yg kartini dijodohin lah..yg suami'y itu poligami lah..

trus tadi pas jalan mw brangkat ngantor, ada anak2 TK yg pada didandanin pake baju daerah plus make-up ala nyi ronggeng yg menor gila. HAHA.. kesian bener tuh anak2 kecil. mungkin emak'y mreka ngira mreka bisa tampil lucu kaya boneka *boneka chucky* hehe.. kalo gw punya anak cewe pasti gw dandanin se-cute & se-natural mgkn, ala kyoko fukada deh poko'y.. haha.. *lah kpn gw punya anak pula*

passsss bgt 20 taun yg lalu, disuatu TK....*eng ing eng* gw pernah ikut acara Kartini-an di TK loh... wkt itu gw ga mw di-salon-kan, krn wkt itu gw udah ngerti kalo salon=menor / dandanan bencong / mirip tante2. hahaha.. jadi dulu gw cm didandanin ama nyokap ajah.. ga tebel ga menor, biasa aja mnurut gw wkt itu *kalo menor pasti gw udh ngamuk ke nyokap* HAHA.. tp baju'y itu lohhh yg bikin gw gerah abisss *baju adat palembang* haduhhhhh dandanan udh ok tp fit-out yg bgtu sukses bikin gw manyun seharian penuhhhh. pas acara tersebut berlangsung muka gw jutek abis. ga senyum.

wkt itu ada couple'y lohhh. kata nyokap nama'y willy. anak'y putih & berparas tampan. mgkn kalo udh gede skg disinyalir jd ganteng. HAHA.. si willy itu jg pk baju adat palembang. bu guru berkata "sinthia digandeng donk tangan willy'y" eeeeee buset dah bu guru...ini emg hr emasipasi wanita tp masa gw duluan yg 'menerkam' si lelaki ini, tp bolehkah? *hoho..* bu guru melanjutkan "lohhh jgn malu2 ayo sin digandeng donk" eeeee nih ibu yah kekeuh amat sih nyuruh2 gw, knp dy ga nyuruh si willy ini aja yg duluan gandeng gw. tega bgt sih bu guru ini. kan maluuuu akyu..hauhauhau.. baiklah kesabaran gw mulai lenyap. muka gw langsung jutekkkkkk abissss. melengos dr hadapan si ibu guru gebleg tersebut. gw mulai nyariin nyokap gw yg bergabung ma ibu2 lain'y. and what...bu guru ngomong lg : "ko judes bgt sih sin muka'y...ga boleh gt donk..kan ada willy" aaaarrrggghhhh.... Bu Guru!!!! sekali lg lu ngomong dpt hadiah piring cantik lu dr gw! tp cara ngasi'y gw lempar ke muka lu..*emosi memuncak* lagian jg si willy nih apaan sih jenis'y, patung , pajangan ato apa? drtd diemmm aja, ga ada reaksi'y, lu apain kek tuh si bu guru gebleg, ga menly bgt, gantian deh lu pake rok gw. bete.

akhir'y nyokap yg mulai was2 dgn muka judes gw mulai nyamperin gw ke barisan, trus nanya "ko bendera merah putih'y ga dikibar2in sih sin?" gw jwb "males!" nyokap nanya lg "knp males?" gw jwb lg "gerah!" nyokap diemmm. pas pulang mpe rumah nyokap gw langsung koar2 crita ke bokap gw yg abis plg kerja "hiyh nih anak judes bgt jd perempuan pah.. entar kalo udh gede ga ada yg mw loh sm dy" trus gw jwb "abis'y mah..tadi tuh..bla bla bla *ceritain kejadian td*" bokap nyokap gw langsung ketawa ngekek2 ga brenti2. gw tambah judes muka'y "apaan sih ketawa2?!!!"

huhu.. masa lalu yg kelam.. poto2'y ga mw gw upload.. maluuuuu.. hihi.. judes bgt sih dulu muka'y..

kemana yah gerangan si willy itu.. ga jelas.. mgkn kah dy gerangan soulmate gw.. hoho..

Met Hari Kartini.........................*telat yah gw* hehehe....^^v

Si Ibu Cuci

(has been posted on facebook on Monday, April 13, 2009 at 6:16pm)

http://www.facebook.com/profile.php?id=1132205303&v=app_2347471856&ref=profile#/notes.php?id=1132205303&start=10

Jumlah kasus (KDRT) hingga Desember 2008 : 279 kasus ; korban perempuan sebanyak 275 kasus.
> Pelaku suami sebesar 76,98 persen
> 6,12 persen dilakukan oleh mantan suami
> 4,68 persen oleh orangtua, anak, dan saudara
> 9,35 persen oleh pacar atau teman dekat.

Dari 275 kasus :
> Jakarta sebesar 63,64 persen,
> Tangerang mencapai 22,18 persen
> Bogor sebesar 14,18 persen

> Sebanyak 9 dari 10 perempuan yang menjadi korban mengalami gangguan kesehatan jiwa sebesar 97,84 persen, termasuk 3 di antaranya mencoba bunuh diri
>gangguan fisik sebesar 56,47 persen
>gangguan reproduksi 10,07 persen.

KOMPAS, Selasa, 23 Desember 2008 | 14:41 WIB

hhhhmmmpphh.. jadi inget si "ibu cuci" di semarang. Dulu wkt jaman ngekos di semarang ada tukang cuci keliling yg seminggu sekali anter jemput baju2+sprei+boneka+selimut gw. tarif'y murah bgttt.. paling 7rebu seminggu, udah harum + licin distrika. 3 taunan kaya'y gw ma anak2 kosan yg lain langganan jasa ibu ini. kita manggil dy...."ibu cuci".

jadi ibu ini dulu jg alumni kampus gw, cm dl dy anak fisip. dy cerita..dulu pernah pas kuliah pacaran ma anak jakarta trus ditinggal merit gt. nah trus merit lah dy dgn si suami'y tersebut dgn jalan dijodohkan ortu'y wkt dy udh umur 40 brapa gt......

awal......bgt langganan, ibu cuci seriiiiing dianter si suami kmana2 demi mensukseskan bisnis cucian mreka tsb. hhuuuu..sampe ngiriiiiii bgt liat 'kemesraan dimasa senja" mreka.. sooo sweeettt..^^v *pengen* hoho..

pernah sekali kerumah tinggal dy nganter cucian-ke rmh mertua'y- beda 2 gang dr kosan gw, gw liat anak'y yg masih TK, trus liat mertua'y pula..tp muka'y galak gt.. yaaa td'y gw pikirrrr nama'y jg mertua.. hehe..

nah pas semester 6-7 an jaman gw lg bikin skripsi, tiba2 si ibu cuci dateng ke kosan dgn muka kusut, kaya'y smpt ada luka lebam jg. gw pikir "lah knp yah nih ibu" trusssss yaaaa termehek2 dehhhh.. jadi korban KDRT ternyata...ditendang perut'y ma si suami.. dijedugkin kpala'y ke tembok ma mertua.. diseret keluar pintu ma si suami : diusir dr rmh. fiuuuuuhhhh.. tp..menurut dy itu smua ga ada apa2'y dibanding : anak'y yg TK itu diculik ma si mertua galak.

"mba2 kan kuliah di fakultas hukum..saya digugat cerai mba..saya ndak dpt harta gono-gini..tp saya yg penting sih anak saya mba..saya ndak mw nuntut dy udah mukulin saya..saya mw anak saya aja..saya kangen anak saya..kata suami & mertua saya, kalo saya brani ktemuin anak saya di sekolah'y nnti saya bakal dilaporin ke polisi trus dimasukkin ke penjara..saya musti gmn mba..saya kangen anak saya.."

DAMN!!!!! banci bener yah si suami itu.. *darah gw udah mendidih pengen gw ludahin si suami* hohoho..

wkt itu gw ma tmn2 kosan gw cm brusaha ngasih advise aja semampu kita, biar si ibu ngga diboongin. Masa ibu kandung mw ketemu anak sendiri bisa dilaporin ke polisi trus dipenjara? delik apa? penculikan? dasar suami GOBLOG. emang dasar mw boongin aja. tp ending'y malah si ibu nyerah ga karuan. advise kita ga ada yg dilakonin ma si ibu. dan si ibu nyerah bwt ngelepasin anak'y ke si suami jahanam, krn : GA punya BIAYA bwt ngebesarin anak'y..bwt makan aja susah..apalagi bwt nyekolahin anak'y. GA ada DUIT = NYERAH.

stop mpe dstu. bu cuci nyerah. yaaaa terserah keputusan si ibu lah.

kalo lg baca2 artikel KDRT......seriiiiing keinget si ibu cuci.... no hape dy udh entah kmana... pa kbr si ibu cuci? apakah diri'y baik2 saja..... fiuhhhhh.. May ALLAH SWT Bless your life ever after.. Aminnnn..

apa kabar pria2 penyiksa? knapa cuma brani sm wanita? sini aku pinjami rok dan lipstik.. kalian si penyiksa, GA lebih dari BANCI.

add: padahal pas si suami dirawat di R.S, si ibu cuci keliling sendirian, siang2 mpe magrib2, ngedarin cucian ma nagihin uang bayaran spy bisa cepet2 bayar biaya R.S si suami.
"mba..uang'y bisa dibayar skg ga? sblm baju'y slesai.. soal'y saya pingin bayar berobat suami saya di R.S.. udh seminggu dirawat dsana mba.."

wibiya widget

Pages

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails